Jumat, 18 Oktober 2013

6 HAL YANG HARUS DIUCAPKAN SETIAP HARI

Jumat, Oktober 18, 2013 By Tori Bukit No comments


Galatia 5:16 berkata, “Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” Dari ayat tersebut kita mengetahui bahwa jika kita berkonsentrasi pada hal –hal yang positif, kita bisa membuang hal – hal negatif yang ada di dalam hidup kita. Jika kita berkonsentrasi atau berfokus hidup di dalam roh, maka segala keinginan daging kita akan segera sirna.
Hal – hal yang positif dan negatif selalu ada di sekitar kita. Semua itu tergantung bagaimana cara kita memisahkan kedua hal tersebut dari hidup kita. Salah satu caranya adalah melalui perkataan yang biasa kita ucapkan sehari – hari. Tanpa kita sadari, setiap ucapan yang keluar dari mulut kita bisa mempunyai pengaruh yang besar di dalam hidup kita. Saya akan memberikan enam hal yang bisa anda biasakan untuk diucapkan sehari-hari. Hal ini agar anda berfokus kepada hal-hal positif yang ada di dalam hidup anda dan juga meningkatkan kesempatan anda untuk menerima berkat yang melimpah dari Tuhan Yesus kita.

1. Aku diberkati dan Aku memberkati
Ketika anda bangun setiap paginya, ambilah waktu untuk berdoa kepada Tuhan. Mintalah agar Tuhan memberkati anda pada hari ini, meberkati anda dalam setiap aktivitas yang akan anda lakukan dan juga agar Tuhan menuntun anda dalam menjalani hari anda. Hal ini sangat penting bagi kita sebagai orang Kristen untuk terus meminta tuntunan Tuhan dalam menjalani hidup kita. Selain itu kita juga harus menyerahkan hari kita ke dalam tangan Tuhan agar kehendak-Nya lah yang jadi dalam setiap peristiwa yang terjadi pada hari tersebut.
Selain itu, anda juga harus mengambil waktu untuk memberkati orang-orang terdekat anda. Doakan dan berkatilah orang tua anda, doakanlah sahabat yang anda miliki, kekasih anda, anak anda, pemimpin anda, dan lain-lain. Anda harus mulai memberkati orang lain jika ingin diberkati oleh Tuhan.
Jika anda memulai hari anda dengan kedua hal ini, maka anda sedang menarik hal-hal positif yang Tuhan sediakan bagi hidup anda.

2. Aku berterima-kasih (mengucap syukur)
Ambil juga waktu setiap hari untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Berterima-kasihlah atas segala yang sudah Tuhan berikan kepada anda. Mengucap-syukurlah atas hidup yang masih bisa anda nikmati sampai sekarang, dan juga bersyukurlah atas salib Yesus yang telah membuat anda selamat dari hukuman maut !
Mazmur 107:1-2 berkata, "Bersyukurlah kepada TUHAN sebab Ia baik, kasih-Nya kekal abadi.Katakanlah itu berulang-ulang, hai kamu yang sudah diselamatkan dari kesusahan."
Biasakanlah untuk selalu mengucap-syukur dalam hidup anda. Jika anda merasa bahwa di dalam hidup anda tidak ada yang bisa membuat anda bersyukur, paling tidak bersukurlah karena Yesus telah mau mati untuk menyelamatkan anda. 
Inilah saatnya anda mengubah pikiran dan hati anda. Ketika hidup anda penuh dengan ucapan syukur, maka anda akan melihat ada banyak berkat yang akan mengalir dalam hidup anda. Jangan sampai anda kehilangan berkat dari Tuhan karena anda kurang bersyukur. Jika anda saat ini berada dalam kondisi yang sulit, percayalah kepada Tuhan bahwa dia saat ini punya rencana yang indah bagi anda. Anda begitu berharga bagi Tuhan, tidak mungkin Dia menelantarkan anda begitu saja dalam setiap permasalahan anda.

3. Aku diciptakan untuk menguatkan
Pada 1 Tesalonika 5:11 jelas tertulis, "Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan."
Katakanlah hal-hal yang positif terhadap orang-orang yang berada didekatmu, berikan apresiasi atas segala hal yang telah mereka lakukan bagi anda. Atau katakan bagaimana Tuhan sangat mencintai mereka dan bagaimana Tuhan selalu ingin memberkati mereka.
Kata-kata penguatan sangat besar dampaknya. Itu bisa memberikan motivasi atau energi yang lebih bagi orang lain. Selain itu, juga bisa membuat perasaan seseorang semakin baik. Saya masih ingat ketika saya berada dalam masalah beberapa waktu lalu. Keadaan terasa begitu sulit bagi saya. Kemudian ada seorang teman yang memberikan kata penyemangat bagi saya. Dia meyakinkan saya bahwa saya sanggup untuk menghadapi ini. Dan itu menjadi energi tambahan bagi saya dalam menjalani pergumulan saya.
Coba anda ingat kembali orang-orang yang ada disekitar anda. Dan mintalah Tuhan agar senantiasa menaruh kata-kata penguatan  di dalam hati anda agar anda bisa menguatkan orang-orang disekitar anda. Ketika yang keluar dari mulut anda adalah kata-kata penguatan, maka sebenarnya Tuhan yang sedang bekerja untuk menguatkan anda dalam segala hal.

4. Aku mengatakan Firman Tuhan
Pada kitab Yeremia 23:28-29 tertulis, "(28) Nabi yang beroleh mimpi, biarlah menceritakan mimpinya itu, dan nabi yang beroleh firman-Ku, biarlah menceritakan firman-Ku itu dengan benar! Apakah sangkut-paut jerami dengan gandum? demikianlah firman TUHAN.(29) Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu? "
Saya sangat suka pada bagian ayat ke-29. Dikatakan bahwa firman Tuhan itu seperti palu yang dapat menghancurkan bukit batu. Sungguh kenyataan yang sangat luar biasa !
Terkadang untuk membuka sebuah kulit kacang, kita perlu memukulkan kacang tersebut berulang-ulang kali sampai kulitnya terbuka dan kita bisa menikmati buah yang tersembunyi didalamnya. Hal ini juga berlaku di dalam hidup kita. Terkadang ada orang yang masih berkeras hati, dan masalah kita terasa begitu terasa berat. Tetapi anda harus yakin bahwa firman Tuhan dapat mematahkan itu semua.
Tetap katakan kebenaran firman Tuhan dalam hidup anda, dan nanti pada saatnya anda akan melihat hasil yang manis dari pekerjaan anda selama ini.

5. Aku berkata jujur - Tidak peduli apapun akibatnya !
Kebanyakan orang Kristen mungkin beranggapan bahwa berbohong itu bukanlah perkara yang besar. Meraka beranggapan bahwa kenyataan itu terkadang menyakitkan dan itu akan melukai orang atau mengancam reputasi kita sendiri. Tidak heran jika kita mengenal ada istilah berbohong demi kebaikan. Tetapi jika kita lihat pada Efesus 4:14 tertulis, "sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, "
Pada bagian firman tersebut, ditekankan bahwa kita bukan lagi seperti manusia dunia yang hidup dalam kelicikan dan tipu muslihat. Kita harus berani mengatakan yang sebenaranya kapanpun, dimanapun dan apapun itu. Saya mendorong anda untuk mengambil langkah ini. Dan saya jamin anda tidak akan menyesali jika anda berani berkata jujur. Karena kebenaran yang menyakitkan selalu lebih baik daripada kebohongan yang memuaskan hati.

6. Aku akan berkata secukupnya
Jika kita membaca kitab Amsal, maka akan berisi mengenai firman bagaimana kita harus bisa menahan lidah kita. Pada Amsal 17:28 berkata,"Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya." Ketika anda hendak berbicara, sebaiknya anda memikirkan terlebih dahulu apakah hal yang tersebut pantas untuk diucapkan. Seberapa besarkah keperluannya bagi anda untuk mengatakan hal tersebut. Untuk melakukan ini anda harus meminta hikmat dari Tuhan. Mintalah petunjuk dari Tuhan agar anda bisa mengetahui apa yang memang perlu untuk kita katakan dan apa yang memang tidak perlu untuk dikatakan.

Itulah tadi keenam hal yang harus anda ucapkan setiap hari. Anda harus fokus terhadap hal-hal yang positif yang harus anda ucapkan atau lakukan. Pada kitab Roma 12:21 Paulus berkata,"Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! " Pada ayat tersebut dikatakan bahwa kejahatan bisa dikalahkan oleh kebaikan. Demikian juga hal-hal yang negatif dapat dikalahkan dengan hal-hal yang positif. Karena itu, biasakanlah agar anda selalu mengatakan hal-hal positif seperti yang sudah dipaparkan diatas. Kemudian anda akan menikmati hal-hal yang positif yang bersumber daripada Tuhan, yang dapat memuaskan segala hasrat yang ada dalam diri anda.



    

0 komentar:

Posting Komentar