Jumat, 08 November 2013

WEAK ENTITY, SURROGATE KEY, SPESIALISASI

Jumat, November 08, 2013 By Tori Bukit No comments

WEAK ENTITY
Weak entity adalah sebuah entitas yang keberadaannya sangat bergantung kepada entitas lain. Jika entitas itu dihapus atau hilang, maka sudah dipastikan weak entity juga akan hilang. Secara umum weak entity tidak memiliki primary key.
Contoh :


Pada contoh diatas yang menjadi weak entity adalah “Tanggungan”. Hal ini karena entity tanggungan bergantung kepada entity pegawai. Jika entity pegawai atau salah satu anggota entity pegawai dihapus, maka sudah dapat dipastikan bahwa entity atau salah satu anggota entity tanggungan akan hilang juga.
SURROGATE KEY
Surrogate key adalah sebuah primary key dari suatu entity yang tidak punya hubungan atau makna dengan entitynya. Biasanya surrogate key dibuat sendiri oleh komputer dan bersifat auto-increment. Surrogate key juga biasanya bertipe integer.
Contoh: Entity Barang
Kode Barang
Nama Barang
Jumlah
001
Sepatu
15
002
Baju
10
003
Sabun
7

Pada contoh entitas barang diatas, Kode barang merupakan surrogate key. Hal ini dikarenakan pada kode barang, tidak memiliki hubungan atau pengertian tertentu terhadap data pada entity barang. Kode barang murni hanya sebagai pembeda suatu barang dengan barang lain. Selain itu, jika kita amati kode barang bersifat auto-increment.

Generalisasi dan Spesialisasi
Spesialisasi : Merupakan suatu proses dimana kita membuat suatu sub-group atau sub-class dari suatu entity. Dalam hal ini, keseluruhan entity dipandang sebagai superclassnya. Dimana superclass tersebut bisa kita bagi lagi jenisnya berdasarkan karakteristik – karakteristik tertentu yang dapat dijadikan pembeda dengan anggota superclass lain.
Contoh : Entity Konsunsumsi jajanan
Kode
Nama
Jumlah ( per kemasan)
001
Biskuit
2
002
Green Tea
1
003
Waffle
2

Pada contoh diatas, merupakan berisi data – data jajanan sehari –hari. Tetapi entity tersebut bisa kita spesialisasikan menjadi Jajanan minuman dan Jajanan makanan. Hal ini berdasarkan wujud dari jajanan yang ada. Pada bagian jajanan minuman, maka yang menjadi anggotanya adalah green tea. Pada bagian minuman yang menjadi anggotanya adalah Biskuit dan Waffle.

Generalisasi : Merupakan sebuah proses dimana kita menggabungkan beberapa sub-class menjadi satu kesatuan dalam sebuah entity tunggal (superclass) berdasarkan persamaan umum yang dimiliki.
Contoh : Mobil, Sepeda motor, dan Sepeda bisa kita generalisasikan menjadi suatu entity baru yang disebut kendaraan

0 komentar:

Posting Komentar